Powered by Blogger.
Home » » Mengenal Distrik Seni di Seoul

Mengenal Distrik Seni di Seoul

Sagan-dong

Selain sebagai pusat pemerintahan, pusat ekonomi, dan jantung kehidupan Korea Selatan, Seoul juga menyimpan pesona seni yang cukup kental. Bagi kebanyakan seniman, ketika mereka berbicara tentang pusat seni di Seoul pasti akan segera merujuk pada dua tempat, yaitu Sagan-dong dan Insa-dong (kata dong dalam bahasa Korea berarti bagian dari sebuah kota dengan luas sekitar lima blok).


Sagan-dong terletak di antara dua tempat tinggal kerajaan yaitu Istana Gyoengbok dan Istana Changgyeong. Sepanjang jalan di Sagan-dong dipenuhi dengan galeri-galeri seni dengan berbagai macam hasil karya seni yang dipamerkan dan yang dikerjakan. Tempat ini adalah pusat seni yang paling banyak di sebut orang di Korea.

Insa-dong

Tidak jauh dari Sagan-dong, hanya terpisah oleh beberapa ruas jalan yang padat, ada sebuah pusat seni yang lain. Namanya Insa-dong. Seperti halnya Sagan-dong, tempat ini menjadi tempat bagi para seniman untuk menciptakan dan memamerkan karya seninya. Namun bedanya tempat ini lebih banyak memamerkan benda-benda seni tradisional dengan beberapa distrik barang antik.

Cheongdam-dong

Selain dua distrik seni yang terkenal tersebut, ada lagi distrik-distrik lain yang mulai berkembang. Sejak pertengahan tahun 1990an, ada dua distrik seni di Seoul bagian selatan yang sedikit demi sedikit memberikan tantangan bagi posisi sentral Sagan-dong dan Insa-dong. Dua distrik tersebut adalah Cheongdam-dong dan Sinsa-dong. Kemunculan kedua distrik ini sebagian disebabkan oleh meningkatnya jumlah seniman dan kolektor seni muda di Korea yang mempunyai benda seni kontemporer dan eksperimental yang membutuhkan ruang untuk dipertontonkan ke masyarakat luas. Karena saat itu mereka kesulitan untuk mendobrak tatanan yang sudah mapan di Sagan-dong dan Insa-dong, mereka mencoba mencari ruang kreasi baru yang akan mampu menampung ide-ide muda mereka yang meluap-luap. Dua tempat ini juga mengakomodasi para seniman amatir untuk berani menampilkan hasil karya seni mereka kepada masyarakat dan membiarkan masyarakat yang menilai hasil karya mereka.

Bagi para pencinta seni, sekarang Anda mempunyai lebih banyak pilihan untuk menikmati seni. Di Sagan-dong dan Insa-dong Anda dapat menikmati seni tidak jauh dari pusat kota Seoul. Di sini Anda akan dimanjakan dengan benda-benda seni hasil kreasi para seniman berpengalaman yang ditampilkan di banyak galeri. Ini adalah tempat bertemunya para pencinta seni dengan para pencipta benda-benda seni.

Sinsa-dong

Bagi Anda yang gemar dengan seni yang lebih menggelora dan penuh inovasi baru, Anda dapat mengunjungi Choengdam-dong dan Sinsa-dong. Di sana Anda akan melihat banyak pelaku seni yang mencoba-coba membuat karya seni dengan cara baru, dengan gagasan-gagasan baru yang sering kali keluar dari tatanan baku yang sudah ada.

nah Anda sudah tau kan tempat tempat wisata yang bisa anda kunjungi di seoul.



Source :wisata Korea/TR

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

BUKU INFORMASI MENARIK